Salah satu program Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta adalah merelokasi warga pra-sejahtera dari pemukiman kumuh ke Rumah Susun Sewa Sederhana (Rusunawa), selain dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup warga pra-sejahtera, ini juga menjadi strategi Pemprov DKI Jakarta dalam mengembalikan area publik sebagai ruang terbuka hijau dan tempat berkumpulnya warga hingga Jakarta pada akhirnya menjadi Kota Metropolitan yang nyaman dan menyenangkan.

Sesuai dengan Visi dan Misinya, Indonesian Care terpanggil turut ambil bagian dalam program ini untuk turut ambil bagian dalam membangun masyarakat pra-sejahtera di perkotaan, melalui program pemberdayaan masyarakat. Maka pada Tanggal 18 Oktober 2016, Indonesian Care menandatangani Perjanjian Kerja Sama dengan Pemprov DKI Jakarta untuk mengerjakan program pemberdayaan masyarakat di Rusunawa Cakung Barat di Jakarta Timur, dan Rusunawa Tambora di Jakarta Barat.

Forum Urban Ministry

Sebagai tindak lanjut dari Indonesian Care (IC) Anniversary ke-5 pada bulan Oktober 2016, telah terbentuk Forum Urban Poor Ministry (UPM). Forum ini bertujuan untuk kolaborasi melakukan pelayanan pengentasan di perkotaan dengan melakukan misi integral. Setelah melakukan beberapa kali pertemuan sejak akhir tahun lalu, saat ini Forum UPM mulai merintis kemungkinan bekerja sama dengan Yayasan Mitra Mandiri Indonesia dengan melakukan program pemberdayaan masyarakat di Rumah Susun Jatinegara Kaum. Dalam waktu dekat Forum UPM akan melakukan survey ke Rusun tersebut untuk dapat lebih memahami kebutuhan – kebutuhan warga.

Perintisan Kolaborasi di Batam

Indonesian Care melakukan survey proyek di Kelurahan Kabil, Kecamatan Nongsa, Kota Batam. Pada bulan Februari akan dilakukan assessment untuk mengetahui kekuatan dan permasalahan yang ada dalam masyarakat. Beberapa staf akan melakukan kunjungan ke Batam.

Perintisan Kolaborasi di Rawa Buaya

Sejak tahun 2015 Indonesian Care telah melakukan survey dan assessment terhadap masyarakat pra sejahtera di area Rawa Buaya–Cengkareng. Sebagai tindaklanjutnya, Indonesian Care akan berkolaborasi dengan Lembaga Ecosoc untuk mengadakan program pemberdayaan masyarakat.

Perintisan Kolaborasi di Ranca Buaya – Tangerang

Perintisan Kolaborasi di Rawa Buaya – Cengkareng Sejak tahun 2015 Indonesian Care telah melakukan survey dan assessment terhadap masyarakat pra sejahtera di area Rawa Buaya–Cengkareng. Sebagai tindaklanjutnya, Indonesian Care akan berkolaborasi dengan Lembaga Ecosoc untuk mengadakan program pemberdayaan masyarakat. Perintisan Kolaborasi di Ranca Buaya – Tangerang Indonesian Care juga telah melakukan assessment di area Ranca Buaya – Tangerang. Di area tersebut terdapat pelayanan yang telah dirintis oleh Professional Share Indonesia (PSI) dalam bentuk program pertanian dan pendidikan anak-anak. Berdasarkan hasil assessment Indonesian Care dan PSI sedang menyusun program Grand Design pemberdayaan masyarakat di area tersebut.

Kolaborasi dengan Smart & Fun di Karangasem – Bali

Kolaborasi Indonesian Care dengan Smart & Fun di Bali masih terus berlangsung. Hingga saat ini sekitar 50-100 anak mengikuti bimbingan belajar di 2 tempat di Desa Karangasem – Bali. Selain berkolaborasi dengan Smart and Fun sejumlah alumni Universitas Udayana juga turut terlibat dalam pelayanan ini. Bagi kelompok ibu-ibu dilakukan program pemberdayaan beternak babi. Selain itu secara berkala juga dilakukan pengobatan gratis.

Program Kolaborasi di Rusunawa Marunda

Kami mengucap syukur untuk setiap mitra yang telah ambil bagian dalam program pemberdayaan di Rusunawa Marunda, baik dalam pendanaan, tenaga, maupun doa. Sampai akhir 2015 ada sekitar 217 warga yang terbangun potensinya menuju kemandirian. Koperasi juga sudah berdiri dan diresmikan. Harapannya ke depan koperasi ini bisa menjadi penggerak ekonomi warga di Rusunawa Marunda. Di awal 2016 ini IC telah menyelesaikan kolaborasi pelayanan pemberdayaan di Rusunawa Marunda.